November basah kuyub

Minggu, November 17, 2013 0 Comments A+ a-

Assalamualaikum...
salam sehat walafiat, semoga teman-teman pembaca blog saya sehat selalu yah..  sedikit cerita tentang kesehatan skarang my big mother alias bude A.K. A my Aunt sedang sakit. Beliau sedang sakit darah tinggi dan diabetes. Semoga beliau diberi kesembuhan. Mohon Doanya :)

yah kesehatan memang penting. Sadar bahwa kesehatan itu nikmat dari Allah yang tak bisa dibeli dengan uang. Kita bisa membayar biaya rumah sakit tapi kita tak bisa membayar kesembuhan, tapi kita bisa memintanya. Meminta kesehatan kepada Allah banyak caranya. Berdoa, bersedekah, mensyukuri dikala sehat dan masih banyak lagi. kalo kata bude saya "sakit itu ibarat rahmat Allah, kita diingatkan untuk mengingat Allah, memperbanyak sedekah dan bersyukur".

November Basah Kuyub
Sesuai judulnya, hujan dibulan november. mengingatkan bahwa cuaca begitu tidak menentu. Hujan, Panas terik, Kelembaban serta angin. Semua itu dapat mengakibatkan sakit. Tubuh kita seolah "Kaget" karena perubahan cuaca yang tiba-tiba. Menjaga kesehatan sangat penting sekali. Banyak penyakit yang diakibatkan karena pola makan. Mengingatkan diri saya sendiri akhir-akhir ini saya sering telat sarapan hehe.. mudah-mudahan besok bisa lebih baik deh yah. Ya, pola makan memang memegang peranan penting. Terkait karena bakteri dan mikrobia yang mengakibatkan penyakit. Namun, sebenarnya tubuh memiliki mekanisme sendiri yang ALLAH ciptakan dengan segala kelebihan. Allah telah menciptakan sel darah putih yang memiliki makrofag yang dapat menghancurkan penyakit dalam tubuh.

Ada Beberapa TIPS agar tubuh kita tetap sehat menjalani cuaca yang kurang menentu.

1. Konsumsi Vitamin C untuk menjaga daya tahan tubuh. Penelitian terbaru menyatakan bahwa Vitamin C tergolong zat Anti oksidan yang dapat mencegah penyakit akibat radikal bebas. Sama seperti vitamin A dan D yang juga tergolong anti oksidan, namun vitamin A dan D ini larut dalam lemak jadi kita membutuhkan lemak untuk proses penyerapanya. Vitamin C larut dalam Air. Inilah alasan mengapa vitamin C cukup penting dikonsumsi tubuh. :D maap kalo penjelasan saya masih kurang baik karena masih belajar.

2. Istirahat Cukup. Saya yakin tubuh memiliki kemampuan regenarsi sel lebih baik dari apapun. kita memiliki jutaan sel yang terus beregenerasi tiap waktu. Regenerasi sel paling banyak terjadi pada saat tubuh istirahat. Mau tak mau walaupun anda sudah minum obat ataupun mengkonsumsi vitamin-vitamin kalo istirahat anda tidak cukup yah sama saja. Saya sendiri mengalami apalagi ketika sedang lembur tugas-tugas. Benar-benar menyita waktu istirahat. Secara normal tubuh kita saat dewaa membutuhkan 6-8 jam istirahat sehari. Mulai sekarang saya ingin menata jadwal saya agar tidur tepat waktu dan cukup. karena sebenarnya kunci produktivitas kita ada di kualitas tidur kita. bagaimana cara tidur kita iya atau tidak sangat berpengaruh.

3. Olah raga. Sadar atau tidak bahwa tubuh ini mulai jarang digerakan akan mengalami penurunan daya tahan. Mulai sekarang dijadwalkan minimal lebih banyak berjalan kaki saat dikampus dan olahrga rutin setiap minggu, bisa jadi futsal renang ataupun yang kamu suka. Paling murah dan efisien itu lari. ya, lari itu gratis apalagi bisa nambah temen kan kalo lari ditempat-tempat yang banyak orang juga lari :D siapa tau karena lari bisa ketemu jodoh kan :D EAAAA....

4. Makan Bergizi. Ini tantangan paling besar biasanya mahasiswa. Sebenarnya makanan bergizi tidak harus mahal kok. At least mencukupi kebutuhan gizi anda. Ada karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. walaupun saya bukan ahli gizi, tapi saya paham bahwa ternak itu sangat membutuhkan nutrient tadi untuk produksinya, kekurangan salah satu nutrient bisa jadi produksi bisa berhenti. gawat. Saya pikir sama juga dengan manusia, kalo kurang  salah satu gizi tersebut bisa jadi terjadi penurunan produktivitas. Misalnya orang yang tidak suka sayur bisa dipastikan ada kekurangan gizi ditubuhnya jika tidak menggantinya dengan makanan yang mengandung gizi tersebut. 4 Sehat 5 sempurna deh yah, lengkapi dengan SUSU, its importan. Susu ini penting, termasuk susu asi, susu sapi dan susu kambing bisa jadi, kalo kedelai menurut saya belum bisa dikategorikan susu walaupun kandungan proteinnya tinggi. Jadi, konsumsi susu ini penting untuk produktivitas kita hehe.

well tipsnya segitu saja.
Kesehatan tak bisa dibeli dengan uang, tapi kita bisa mengusahakanya.

terimakasih atas kritik dan saran serta komentarnya yah, :) thanks,...