LINGKUNGAN KOTA METRO KU

Senin, Januari 17, 2011 0 Comments A+ a-

Lingkungan adalah tempat tinggal kita, tempat tinggal dimana kita hidup dan melakukan aktifitas banyak hal yang terdapat di lingkungan kita mulai dari hal-hal kecil hingga besar. yang terpenting adalah bagaimana kita memfungsikan lingkungan sebagai lingkungan biologi atau secara fisik dapat bermanfaat bagi kita.

kali ini saya akan membahas tentang masalah kebersihan lingkungan yang ada di wilayah tempat tinggal saya, khususnya di kota metro,.
kebersihan memang sangatlah penting dan harus kita lestarikan kebersihan di lingkungan kita. tempat tinggal yang bersih akan berdapampak posititv pada kita sendiri sedang lingkungan negativ juga dapat berdampak negativ pada kita.

SAMPAHH, adalah masalah yang terbesar yang mungkin salah satu dari masalah terbesar yang belum dapat diselesaikan secara tuntas tas tas. oleh pemerintah di kota ini
berikut ini adalah hasil kamera dari saya.
Aliran anak sungai di Metro timur Rawasari
yahh cukup menyedihkan memang banyak sampah yang menutupi aliran  ini memang kalo dipikir-pikir sampah sampah ini tidak lah begitu seberapa dibandingkan dengan beberapa tahun yang lalu. membuktikan bahwa kinerja pemerintah dan masyarakat telah mampu mengurangi pembuangan sampah yang berada di wilayah ini.

tapi apapun alasanya sampah yang menggenang tetaplah sampah dan akan sulit dibersihkan jika sudah masuk kedalam aliran sungai, sangat memprihatinkan memang menunjukan kesadaran yang kurang bahwa membuang sampah pada aliran sungai memang sangat berbahaya, karena dapat mengakibatkan banjir,dan wabah penyakit serta pencemaran lingkungan.

menyedihkan memang bahwa kesadaran akan kebersihan di kota ini memang belum begitu terlalu di perhatikan secara keseluruhan.. bagaimana masalah ini dapat terselesaika??

1. perlu adanya kesadaran dari masayarakat
2. peran pemerintah
3. hukum yang lebih tegas

masyarakat sangat berwenang dalam kebersihan lingkungan, karena ini adalah wilayah mereka sendii jadi mereka berhak untuk melakukan apa yang mereka ingin kan terhadap lingkungan sendiri, namun apakah keberisihan yang dimaksud itu seperti ini?? tentu saja tidak.

masyarakat haruslah sadar akan perlunya menjaga kebersihan lingkungan untuk tidak membuang sampah sembarangan, yang terpenting adalah kesadaran diri sendiri maka setelah itu mereka dapat megajak orang lain untuk melakukan hall yang sama,

kalo tadi di metro timur sekarang kita berpindah di perbatasan antara metro pusat dengan metro utara tidak jauh berbeda dengan yang terjadi di wilayah ini , khususnya masalah SAMPAH.
bayangkan saja tempat seperti itu yang seharusnya tidak terdapat apa2 kok malah sampah berserakan, meyedihkan sekali memang,. sekarang siapa yang bertanggung jawab atas hal ini???

tentu saja kembali kepada pribadi masing2 kenapa mereka membuang sampah disitu?? kembali kepemerintah yang tidak memberikan fasilitas pembuangan sampah sehingga mereka membuang sampah sembarangan.

sampah dasar sampah tetap saja sampah sampai ada yang membersihkan sampah2 itu akan tetap berada disitu dan tersu bertumpuk tanpa ada yang memperdulikan.

lalu apa yang pemerintah lakukan selama ini telah dapat mengatasi masalah sampah dikota metro??
jawabnya : YA
tetapi hanya 45 persen masalah sampah yang terselesaikan sedang sisanya masih belum terselsaikan dengan benar, jika dihubungkan dengan keadaan keungan pemerintah kota metro seharusnya mampu untuk melakukan pengolahan sampah terbaik mungkin.

MERUSAK PEMANDANGAN
begitulah ungkapan yang terjadi jika seperti ini, seharusnya tempat tersebut jika lau memang jadi tempat orang2 lewat pasti akan melihat pemandangan seperti itu, mengenaskan memang, kalo kita membandingkan dengan negara lain dimana sampah sama sekali tidak ada, namun apalah daya

mungkin pemerintah masih terlalu malas untuk menjawab semua masalah yang ada di kota ini, ataukah pemerintah telah mencoba menyelesaikan namun belum ada hasil??

masalah berikutnya adlah masalah lahan pertanian di jadikan perumahan, mungkin kah ini dapat menjadi masalah bagi daerah kita?? yahh mungkin saja pemerintah telah mencangkan program BABAT SAWAH.
yahh sepertinya begitu, lahan sawah telah menjadi perumahan banyangkan saja, kalo memang disitu telah banyak rumah pastilah tanah sudah tidak menjadi subur lagi, dan lama kelamaan sawah di kota metro akan berubah jadi hotell dan juga ruman2 mewah, ckckc.

pembangunan rumah di tengah sawah
yahh begitulahh pemerintahh tidak mau tahu yang penting masyarakat tidak berkoar2 maka pemerintah akan diam saja, tapi pemerintah kota metro juga tidak tinggal diam loh.
 untuk masalah penghijauan sepertinya metro sudah cukup lumayan buktinya kita dapat lihat di jalan menuju polres metro jika dari 22.
yahh memang cukup rindang pohon yang ditanam di jalur ini, dapat mengurangi panas yang ada dan dapat menjadi pemandangan bagi pengguna jalan. paling tidak mata tidak bhosan jika hanya melihat rumah saja.


kalo memang pemerintah berniat mengadakan penghijauan dikota metro menurut saya pastilah akan banyak pohon yang lebih banyak ditanam di jalan jalan dan makin banyak pemandangan disekeliling kita.

cukup sekian jika ada kesalahan atau tanggapan serta pertanyaan dapat para pembaca cantumkan pada koment di bawah, jangan lupa koment yahh,

terimakasih atas kritik dan saran serta komentarnya yah, :) thanks,...