tips aman beli barang lewat internet

Selasa, November 16, 2010 2 Comments A+ a-

ONLINE SHOP jbs-shop2010
sekarang dengan jaman yang sangat maju dan penuh.KASKUS.US sebuah forum nasional terbesar di indonesia adalah salah satu tempat berjualan paling top di indonesia, lebih dari ratusan bahkan ribuan barang di jual dikaskus.
FJB
nama tread/postingan di kaskus yang menyangkut jual beli. jadi kalo kita mau cari barang yah masuk ke tread fjb.

seperti apa barang-dan jenis serta harga ditawarkan sangat bermacam-macam kalo memang kalian berminat bisa langsung di pesan dan barang dikirim tapi, ada beberapa tips untuk membeli barang lewat online. ga harus dari forum kaskus ini sih yang penting beli online.

1. tentukan barang yang ingin di beli.
  banyak orang yang ketika berselancar di dunia maya, sangat lah mudah tergiur, dengan barang-barang yang dijual di internet, dari harga yang murah sampai menarik perhatian sangatlah membahayakan keuangan kita, kalo misal kita mudah tertarik pada suatu barang. jadi buatlah prioritas  untuk barang yang ingin kalian beli.

2. Cek penjual orang baik-baik atau bukan.
   banyak penjual di internet adalah para penjahat. alias penipu, kalo kita beli lewat toko yang nyata jelas kita tau barang yang dijual itu seperti apa tapi kalo kita lewat online kan barang yang dijual kita tidak tahu secara real. jadi yah kita harus yakin kalo penjual orang-baik baik tidak menjual barang BODONG< alias barang ga bener.,

  GIMANA NGECEKNYA??

a.  di kaskus tread FJB selalu ada namanya BLACKLIST penjual, disini semua penjual yang menipu dan menjual barang secara tidak benar di masukan kedalam daftar ini, jadi yang pertama kita lakukan ada melakukan cek terhadap BLACKLIST.

b. lihat berapa jumlah orang yang coment dan koment yang ada di posting jualan tersebut. untuk beberapa barang yang sifatnya second sangat harus berhati-hati untuk tidak salah pilih. kalo memang di tread tersebut banyak coment yang mengatakan RECOMENDED SELLER, jadi insyaallah penjual tersebut adalah orang-baik-baik.

3. beli barang kalo bisa yang baru
   banyak dikaskus yang jual barang second. memang di kaskus barang yang dijual sudah cukup murah dan lumayan murah dibanding toko online. lainya.tpi beberapa kekurangan di kaskus, adalah ketika kita menemui tread barang second. kemungkinan besar saat penjual yang ditemui memang tidak benar, barang tersebut bisa saja lebh parah dari pada yang di jelaskan di posting.

4. buat DEAL yang jelas terhadap penjual
  buatlah sebuah janji bagaimana barang dikirim dan berapa ongkos kirim serta kapan bisa dikirim agar kita tidak menyesal ketika penjual mengundur pengiriman karena alasan ga jelas.

sekelumit tadi mungkin bisa membantu kalian yang ingin beberlanja ONLINE lewat kaskus. jadi jangan takut untuk membeli lewat online, kalo ada pertanyaan bisa tanya ke saya,.



2 comments

Write comments
Elliia
AUTHOR
Selasa, April 12, 2011 delete

saya tertarik dg penjualan hp online d facebook karena hrganya 1/2 dr harga barunya ,
sya juga ingin memesannya tp saya msh ragu ..
karena banyak penipuan akhir2 ini .. tolong bantu cek dong ini pnpuan ato bkan..
ini alamat web.nya www.honline.blogspot.com ..
balas lgsg y . thx

Reply
avatar
Janu herjanto
AUTHOR
Jumat, Februari 17, 2012 delete

maap nih baru bisa balas setelah sekian bulan ga update.. bahkan 1 tahun baru dibalas :D

mohon berhati-hati untuk tidak membeli dari penjual yang belum pernah anda kenal, coba untuk cari lebih dalam mengenai siapa2 saja yang pernah membeli, apakah sudah ada yang pernah membeli dengan dia. kalo memang sudah terbukti banyak yah jangan takut beli online :)

kalo harga 1/2 dari asli, biasanya barang BM alias Black market, dan barang BM biasanya kualita kurang memuaskan dengan aslinya. jadi yah maklum saja harganya murah.

Reply
avatar

terimakasih atas kritik dan saran serta komentarnya yah, :) thanks,...